This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Jajanan] Resep Kue Dadar Gulung Spesial dengan Mudah

lusihkas.blogspot.com - Resep Kue Dadar Gulung - Cara Membuat Dadar Gulung -Kue dadar gulung merupakan makanan tradisional khas nusantara yg dpt dijumpai di pasar-pasar tradisional dgn mudah dan murah. Kue ni masih tetap eksis hingga sekarang sebagai jajanan rakyat karena rasanya yg lezat serta harganya yg sangat terjangkau. Kita bisa memperolehnya dgn mudah terutama di pagi dan sore hari, tapi jika kita bisa membuatnya kenapa tidak? Itung-itung mengisi waktu bukan?

Cara membuat dadar gulung itu sebenarnya tak sulit, sembari santai kita bisa membuatnya dgn mudah dan cepat. Resep kue dadar gulung tak memerlukan banyak bahan, ada dua bahan utama yg kita perlukan untk membuatnya. Pertama kita membuat isian yg bisa dibuat dari kelapa parut, bisa jg coklat / pisang coklat. Semua tergantung selera, tapi kali ni kita akan mencoba membuat kue dadar gulung isi kelapa seperti resep aslinya.
Resep Kue Dadar Gulung Beserta Cara Membuat Dadar Gulung Spesial dgn MudahResep Kue Dadar Gulung Spesial dengan Mudah Untuk membuat kue dadar gulung, pertama kita mempersiapkan isiannya setelah itu kulitnya kita buat belakangan agar bisa langsung digulung sesaat setelah dibuat. Bahan isian yg akan kita gunakan berbahan dasar kelapa parut, gunakan kelapa yg setengah tua agar hasilnya bagus dan lembut. Jika kelapa yg kita gunakan terlalu tua maka hasilnya akan kasar, sebaliknya jika terlalu muda maka akan sulit saat proses memarutnya. Berikut ni adlh bahan-bahan untk membuat kue dadar gulung spesial.
Bahan Resep Kue Dadar Gulung Bahan Kulit
  1. 100 gr tepung terigu
  2. 200 ml santan
  3. 1 btr telur, kocok lepas
  4. 10 lbr daun suji
  5. 1/4 gelas air
  6. 1/2 sdt garam
Bahan Isian
  1. 1 btr kelapa, parut
  2. 75 gr gula jawa, iris halus
  3. 50 ml air
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt vanili bubuk
  6. 1 lbr daun pandan
Cara Membuat Dadar Gulung
  1. Membuat isian : satukan semua bahan isian dan masak hingga air menyusut dan mengering. Angkat dan sisihkan.
  2. Remas-remas daun suji, beri sedikit air (kira-kira 50 ml / seperempat gelas). Saring dan ambil airnya sebagai pewarna hijau alami.
  3. Satukan tepung terigu bersama dgn santan, air daun suji, telur dan garam, aduk rata hingga membentuk adonan. Jika terlalu kental tambahkan air secukupnya.
  4. Siapkan panci anti lengket yg mempunyai permukaan datar.
  5. Tuang satu sendok sayur adonan dan goyangkan panci hingga adonan menyebar ke seluruh permukaan dlm panci dan membentuk dadar tipis.
  6. Angkat ketika sudah matang dan membentuk lembaran kenyal. Lakukan berulang hingga adonan habis.
  7. Untuk membuat dadar gulung, ambil satu lembar kulit dan beri isian kira-kira satu sendok makan.
  8. Lipat ujung kiri dan kanan kemudian gulungkan. Selesai. Lakukan langkah yg sama terhadap semua bahan kulit dan isian.
Cara membuat dadar gulung sebetulnya tak sulit, hanya memerlukan sedikit ketelatenan dan kesabaran dlm pembuatan kulit karena memang harus dibuat satu per satu. Resep kue dadar gulung ni jg bisa kita kreasikan seperti menggunakan isian yg berbeda seperti misalnya pisang coklat. Tentunya lebih praktis tapi pisang harus dimasak terlebih dahulu. Selamat mencoba dan salam !

other source : http://twitter.com, http://jajanpinggiran.blogspot.com, http://solopos.com

0 Response to "[Jajanan] Resep Kue Dadar Gulung Spesial dengan Mudah"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *