This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Puding] Fruitcake a la Nigel Slater

Fruitcake a la Nigel Slater
lusihkas.blogspot.com - "Bu, kulkasnya penuh. Sayur dan buahnya nggak bisa masuk," laporan Heni beberapa waktu yg lalu membuat saya pun menggaruk-garukkan kepala yg tak gatal. Wah kulkas itu memang telah lama menjadi pe-er yg harus segera saya bereskan, tapi kemalasan lah yg membuatnya tertunda dan tertunda hingga akhirnya minggu lalu Heni pun mengingatkan. Menatap sayur dan buah segar hasil belanja di Pasar Blok A yg bergeletakan di meja dapur membuat saya akhirnya duduk 'mendeprok' di depan kulkas dan mulai mengelurkan isinya yg bertumpukan tak keruan.

Teringat dgn acara masak memasak di sebuah TV show, dimana disana sang Chef berbagi tips cara menyimpan bahan makanan di kulkas membuat saya pun terjengit. Betapa jauh berbedanya isi kulkas si Chef dgn kulkas di dapur saya! Saya bahkan tak ingat bahan makanan apa sajakah yg tersimpan, dan sejak kapan bahan-bahan tersebut mendekam disana. Bertekad pe-er ni harus segera dibereskan, akhirnya hari Sabtu itu saya pergunakan untk melakukan inventarisasi isi kulkas. Kebetulan saya memiliki banyak sekali wadah plastik bekas salad yg sering saya beli di All Fresh, jadi berdua dgn Heni maka saya melewatkan Sabtu kelabu itu dgn kegiatan bersih-bersih yg kemudian menghasilkan sebuah loyang cake buah yg lezat ini. Haa, bagaimana cara? Yuk lanjut! ^_^
Fruitcake a la Nigel SlaterFruitcake a la Nigel Slater
Kala isi kulkas telah dikeluarkan semua, maka bahan-bahan itu pun kemudian bergeletakan memenuhi lantai dapur dan membuat saya takjub sendiri. Bagaimana mungkin semua bahan ni bisa masuk ke dlm kulkas? Hampir semuanya adlh bahan makanan kering seperti kacang-kacangan, buah kering, tepung gandum utuh, oatmeal, dan aneka bahan pembuat kue lainnya seperti mentega dan selai ataupun bumbu dapur bubuk dan instan yg memang sering saya simpan di kulkas agar kondisinya tetap baik. Satu persatu semua bahan tersebut kemudian saya pisahkan berdasarkan jenisnya dan dimasukkan ke dlm wadah plastik tertutup rapat, bersama sebuah label nama di atasnya. Wadah plastik ni transparan sehingga saya bisa melihat isinya secara langsung tanpa membuka tutupnya. Dengan cara ni saya berharap, tatkala membuka kulkas dan melihatnya maka mood untk membuat sesuatu dari bahan makanan tersebut akan muncul dan habit buruk menumpuk bahan makanan bisa segera dihilangkan. Semoga!

Fruitcake a la Nigel Slater
Tepung almond

Sekantung sultana, alias manisan buah yg biasa dipakai untk campuran cake atau cookies, sekantung manisan ceri merah dan segepok kismis hitam yg telah kering kerontang membuat satu ide pun terlintas. Sepertinya semua bahan ni bisa masuk ke dlm adonan cake buah yg sudah sangat lama tak pernah saya eksekusi. Browsing sejenak di internet saya pun menemukan resep tepat dari Nigel Slater di website The Guardian. Saya sudah pernah mencoba resep Beetroot Chocolate Cake dari Chef kondang ni dan menurut saya hasilnya tak mengecewakan. Alasan lainnya tentu saja karena resep fruitcake ni mudah dibuat dan sebagian besar bahan-bahannya kebetulan ada di kulkas saya. Beberapa bahan yg tak ada lantas saya skip. Saya jg menggunakan ukuran loyang lebih besar sehingga takaran masing-masing bahan saya sesuaikan. Cake buah yg lezat biasanya menggunakan banyak buah kering di dalamnya tapi dgn 700 gram campuran buah kering dan tanpa kacang-kacangan ternyata rasa cake ni tetap istimewa.

Beetroot Chocolate Cake - Super Duper Moist!

Fruitcake a la Nigel SlaterFruitcake a la Nigel Slater
Untuk buah kering yg digunakan anda bisa menggunakan kismis hitam/hijau, ceri merah/hijau, aprikot kering, sultana, dan prune (plum kering). Karena sudah terlalu lama tersimpan di kulkas maka kismis hitam yg saya pergunakan menjadi kering dan keras seperti batu kerikil. Untuk membuatnya lemas kembali saya lantas mencampurkan semua buah kering dgn sirup orange, sedikit air hangat dan essence rum, campuran buah ni lantas saya diamkan selama 2 jam. Kismis yg keras pun menjadi lemas saat telah terpanggang di dlm adonan cake. Cincangan kacang-kacangan seperti walnut, hazelnut, almond, / kacang mete (cashew nuts) jg bisa ditambahkan ke dlm adonan sebagaimana di resep aslinya, tapi saya skip bahan-bahan tersebut.

Jika tak memiliki tepung almond, seperti yg tertera di resep, maka anda bisa gantikan bahan ni dgn tepung terigu dgn takaran yg sama. Atau anda bisa menggiling biji almond sendiri di rumah menggunakan blender / food processor seperti yg saya lakukan. Anda bisa menggunakan almond yg masih memiliki kulit arinya yg berwarna kecoklatan / yg sudah bersih terkupas. Saya sendiri menggunakan almond mentah yg masih memiliki kulit ari sehingga warna tepung tak seputih umumnya.
Fruitcake a la Nigel Slater
Nah menurut Wikipedia, fuitcake merupakan jenis cake yg terbuat dari buah-buahan kering, cincangan kacang dan rempah-rempah yg kemudian disiram dgn minuman beralkohol. Biasanya cake ni disajikan pd saat acara pernikahan, / pd perayaan hari Natal. Karena teksturnya yg kaya akan rasa maka cake ni biasanya disantap begitu saja / bersama dgn pelengkap lainnya seperti mentega / krim. Resep cake ni pertama kalinya diperkenalkan pd jaman Romawi kuno dimana biji delima, biji pinus dan kismis dicampurkan bersama gandum jenis barley yg telah ditumbuk. Pada Abad Pertengahan, madu, rempah-rempah dan awetan buah jg ditambahkan ke dlm adonan. Fruitcake kemudian dgn cepat menyebar di seluruh daratan Eropa. Dari waktu ke waktu, resep cake ni kemudian menjadi bervariasi di berbagai negara, tergantung dari bahan yg tersedia dan aturan yg berlaku saat itu. Kemudian pd awal abad ke-16, gula yg diproduksi dari negara jajahan Amerika (dan adanya penemuan bahwa kadar gula yg tinggi mampu mengawetkan buah) menciptakan aneka macam manisan buah yg membuat fruitcake menjadi semakin populer dan disukai.

Fruit cake yg disajikan pd saat perayaan Natal biasanya dipersiapkan minimal satu bulan sebelumnya. Untuk membuat cake awet dan tak berjamur walau disimpan di suhu ruang maka minuman beralkohol seperti brandy / rum secara teratur, tiap dua minggu sekali, akan disiramkan pd permukaan cake hingga tiba waktunya untk disantap. Untuk cake yg saya posting kali ni saya menggunakan rum essence. Rum essence terbuat dari rum yg masih menyisakan sedikit kandungan alkohol di dalamnya jadi skip jika anda tak mengkonsumsinya.

Fruitcake a la Nigel Slater
Proses pembuatan cake ni sendiri sangat mudah. Anda perlu meng0cok mentega dan gula hingga smooth dan mengembang. Jika gula palem tak tersedia maka anda bisa menggantikannya dgn gula pasir. Setelah mentega dan gula dikocok dgn baik lantas masukkan telur satu persatu. Bagian ni kerap menjadi kedala, karena seringkali yg terjadi ketika telur dimasukkan maka kocokan mentega menjadi bergerindil dan seakan-akan pecah. Untuk mencegahnya maka kocok telur hingga tercampur dgn baik bersama adonan mentega, baru masukkan butiran telur berikutnya. Memberikan kesempatan adonan untk tercampur baik dgn cairan telur akan membuat adonan mentega menjadi smooth dan tak pecah kala telur berikutnya dimasukkan. Nah jika adonan mentega dan telur telah siap, saya mengocoknya sekitar 10 menit dgn mikser tangan, maka bahan-bahan lain langsung dimasukkan secara bertahap dan aduk perlahan hingga rata. Adonan pun siap untk dipanggang.

Untuk loyangnya, saya menggunakan loyang bongkar pasang diameter 23 cm. Anda bisa menggunakan loyang biasa baik bulat, kotak atapun tulban (berlubang tengah) seperti yg saya pakai dan tak harus loyang bongkar pasang. Cake dipanggang selama 45 - 50 menit / hingga tak ada adonan yg melekat kala lidi ditusukkan di tengah cake. Cake akan memberikan rasa terbaik jika telah disimpan terlebih dahulu di kulkas. Bungkus rapat cake yg telah dingin dgn alumunium foil, dan simpan di kulkas. Keesokan harinya cake akan terasa lebih lembut, moist dan kaya akan rasa.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Fruitcake a la Nigel Slater
Fruitcake a la Nigel SlaterResep diadaptasikan dari The Guardian - Rich Fruitcake by Nigel Slater

Untuk 1 loyang cake diameter 20 cm

Tertarik dgn cake buah lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Fruitcake
Chocolate Fruitcake
Cake Buah Kukus (Steamed Fruitcake)

Bahan A: - 700 gram campuran buah kering (kismis, manisan ceri, sultana, aprikot, prune (plum kering))
- 2 sendok makan sirup orange / air perasan jeruk mandarin/sunkist - parutan kulit jeruk lemon dari 1 butir jeruk lemon
- 3 sendok makan essence rum (optional)*)

Bahan B: - 260 gram tepung terigu protein sedang/serba guna
- 1 sendok teh baking powder double acting
- 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

Bahan C: - 227 gram mentega/margarine - 110 gram gula palem bubuk, gantikan dgn gula pasir jika tak ada - 100 gram gula pasir - 3 butir telur, suhu ruang

Bahan D, aduk jadi satu:
- 1/2 sendok teh garam - 65 gram almond bubuk / tepung almond (jika tak ada tambahkan 65 gram tepung terigu pd bahan B)

*) Rum merupakan minuman beralkohol dan rum essence terbuat dari rum yg masih menyisakan sedikit kandungan alkohol di dalamnya. Skip jika anda tak mengkonsumsinya.
Cara membuat:
Siapkan oven, panaskan disuhu 160'C, letakkan loyang pemanggang di tengah-tengah oven jika oven anda tinggi. Jika oven pendek letakkan pemanggang di bagian paling bawah.

Siapkan loyang bongkar pasang ukuran 20 cm tanpa ada lubang di tengah. Karena saya menggunakan loyang tulban yg berlubang tengah maka saya menggunakan diameter 23 cm. Anda bisa menggunakan loyang lainnya, dan tak harus jenis loyang bongkar pasang. Olesi permukaan loyang dgn margarine dan taburi dgn tepung terigu. Alasi dasarnya dgn kertas baking, sisihkan.

Fruitcake a la Nigel Slater
Siapkan semua bahan. Siapkan campuran buah kering yg akan dipergunakan, masukkan semua buah kering ke dlm mangkuk. Jika buah kering berukuran besar, cincang kasar sehingga ukurannya menjadi kecil. Tambahkan rum essence, sirup orange/air jeruk orange, dan parutan kulit jeruk lemon. Aduk rata dan diamkan di suhu ruang minimal 2 jam, paling bagus didiamkan selama semalam dan keesokan paginya aduk kembali campuran buah tersebut.

Aduk jadi satu bahan B di dlm sebuah mangkuk, sisihkan.

Fruitcake a la Nigel Slater
Siapkan mangkuk mikser, masukkan bahan B kecuali telur. Kocok dgn mikser (saya menggunakan mikser tangan) dgn kecepatan rendah hingga tercampur baik, kemudian naikkan menjadi kecepatan tinggi hingga mentega dan gula menjadi smooth dan mengembang.

Note: untk menghasilkan cake yg lembut, moist dan kembang maka proses pengocokan mentega dan gula ni merupakan poin yg sangat penting. Jadi kocok hingga mentega benar-benar mengembang dan smooth. Tapi hati-hati jangan berlebihan mengocok, panas pd mikser akan membuat mentega mencair dan meleleh menjadi minyak.

Masukkan telur satu persatu, pastikan telur tercampur dan terkocok bersama adonan mentega dgn baik sebelum telur berikutnya dimasukkan. Memasukkan telur bersamaan akan membuat adonan basah dan mentega menjadi pecah/bergerindil. Jadi masukkan telur bertahap dan berikan kesempatan telur terkocok dgn baik sebelum memasukkan telur berikutnya.

Matikan mikser. Masukkan bahan A, aduk dgn spatula secara perlahan hingga rata. Kemudian masukkan bahan D, aduk hingga rata.

Fruitcake a la Nigel Slater
Masukkan bahan B, aduk perlahan dgn spatula hingga tercampur dgn baik dan jangan over mixing, berlebihan mengaduk akan membuat cake menjadi bantat. Tuangkan adonan di loyang yg telah disiapkan. Ratakan permukaannya dgn sptaula dan panggang selama 50 menit hingga 1 jam, / tes dgn tusuk lidi, jika tak ada adonan yg menempel maka cake telah matang.

Keluarkan cake dari oven, biarkan uap panasnya hilang dan agak mendingin. Kemudian lepaskan cake dari loyangnya. Pada tahap ni saya membiarkan cake hingga benar-benar dingin, kemudian baru saya lepaskan bagian dasar loyang. Cake kemudian saya bungkus dengan alumunium foil, simpan di kulkas dan santap keesokan harinya. Yummy!

Note: Bagi anda yg ingin menambahkan rum/brandy atau essence rum, ketika cake telah benar-benar dingin maka tusuk permukaan cake dgn garpu kemudian siramkan rum ke permukaan cake sedikit demi sedikit hingga cairan menyerap, kemudian bungkus cake dan simpan di kulkas.

Sources:
Wikipedia - Fruitcake
The Guardian - Fruitcake

other source : http://justtryandtaste.com, http://google.com, http://liputan6.com

0 Response to "[Puding] Fruitcake a la Nigel Slater"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *