This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Menjual Kulit Hewan Qurban - Tasawuf

Menjual Kulit Hewan Qurban lusihkas.blogspot.com - Di hari raya Adhha, kaum muslim menyembelih qurban. Biasanya yg ingin berqurban menyerahkan qurbannya ke panitia qurban baik di mesjid / di tempat-tempat lainnya. Sering kita temukan dlm proses pembagian daging qurban, kulit dan kaki hewan qurban tak di bagikan, tetapi oleh panitia di kumpulkan kemudian di jual kepada pihak penampung kulit hewan.

Pertanyaan:
Bagaimanakah hukumnya menjual kulit / daging hewan qurban?

Jawab:
Hewan qurban tak boleh di jual, baik dagingnya, kulit dan jg tulangnya.
Pada qurban sunat, kulitnya boleh di sadaqahkan dan boleh jg di manfaatkan oleh orang yg berkurban untk berbagai macam keperluannya (selain di jual / di sewakan). Bila di jual, penjualan tersebut tak sah. sedangkan qurban wajib, kulitnya wajib di sadaqahkan semuanya, tak boleh di manfaatkan untk keperluan orang berqurban. Bagi penerima yg miskin boleh saja setelah ia terima ia jual, sedangkan bila ia orang kaya, maka setelah ia terima tak boleh ia jual, bagi orang kaya qurban yg diterima hanya di bolehkan untk di konsumsi sendiri dan keluarga / di sedeqahkan / di hidangkan sebagai jamuan bagi tamu yg datang sebagaimana dlm ketentuan orang kaya menerima daging kurban. Ini merupakan pendapat yg kuat. Selain itu kulit hewan qurban jg tak boleh di jadikan sebagai upah bagi penyembelih qurban. Tapi boleh saja di berikan kepada penyembelih tetapi bukan sebagai upah sembelihan.

Nash Kitab Mu`tabarah:
Hasyiah Qalyubi `ala Mahalli Jilid 4 hal 255 Dar Fikr


ويتصدق بجلدها أو ينتفع به) في الاستعمال، وله إعارته دون بيعه وإجارته قوله: (ويتصدق) هو ومثله وارثه بجلدها قال شيخنا: ولو على من تلزمه نفقته ولا يجوز بيعه ولا إجارته وتجوز عاريته، ولآخذه التصرف فيه لا بنحو بيع ولا يجوز إعطاؤه أجرة للجوار. وجوز بعضهم لمن يأخذه التصرف بالبيع وغيره، وهو وجيه إن كان الذي أخذه من الفقراء كما في مر اللحم وإلا فلا فليراجع،
Tuhfatul Muhtaj dan Hasyiah Ubadi Jilid 9 hal 365 Dar Fikr

ويتصدق بجلدها) ونحو قرنها أي المتطوع بها وهو الأفضل للاتباع (أو ينتفع به) أو يعيره لغيره ويحرم عليه وعلى نحو وارثه بيعه كسائر أجزائها وإجارته وإعطاؤه أجرة للذابح بل هي عليه للخبر الصحيح «من باع جلد أضحيته فلا أضحية له» ولزوال ملكه عنها بالذبح فلا تورث عنه لكن بحث السبكي أن لورثته ولاية القسمة والنفقة كهو ويؤيده قول العلماء له الأكل والإهداء كمورثه أما الواجبة فيلزمه التصدق بنحو جلدها قوله نحو بيعه) ليس فيه إفصاح ببطلانه وقضية قوله لزوال ملكه عنها لبطلان
Hasyiah Bujairimi `ala Khatib Jilid 4 Hal 338 Dar Fikr

ولا يبيع من الأضحية شيئا) ولو جلدها أي يحرم عليه ذلك ولا يصح سواء أكانت منذورة أم لا. وله أن ينتفع بجلدأضحية التطوع كما يجوز له الانتفاع بها. كأن يجعله دلوا أو نعلا أو خفا والتصدق به أفضل. ولا يجوز بيعه ولا إجارته لأنها بيع المنافع لخبر الحاكم وصححه: «من باع جلد أضحيته فلا أضحية له» ولا يجوز إعطاؤه أجرة للجزار، وتجوز إعارته، كما له إعارتها. أما الواجبة فيجب التصدق بجلدها

other source : http://flickr.com, http://solopos.com, http://aneuknanggroe007.blogspot.com

0 Response to "Menjual Kulit Hewan Qurban - Tasawuf"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *