lusihkas.blogspot.com - Sebelum Martonggo Raja / Marria Raja pihak paranak dan pihak parboru terlebih dahulu datang ke Gereja lao patumpolhon / mencatatkan rencana pemberkatan nikah kedua calon penganten , tapi dibeberapa gereja tak ada martumpol jadi karena ni menyangkut kepercayaan tak diuraikan dlm tulisan ini. Tetapi kalau gereja mengadakan partumpolon maka setelah selesai partumpolon , salah seorang yg mewakili paranak dan parboru mengucapakan terimakasih kepada majelis dan jemaat serta dongan tubu , dohot boru atas kehadirannya pd saat partumpulon itu. Kesempatan ni jg digunakan untk mengundang dongan tubu dan boru serta dongan sahuta setelah selesai acara dari Gereja akan diadakan martonggo raja / marria raja dirumah hasuhuton / tempat yg disediakan untk itu , untk membicarakan segala persiapan yg diperlukan dan mengatur serta bembagi tugas dan undangan pd hari dan tanggal pesta yg sudah ditetapkan.
Martonggo Raja dan Marria Raja sesungguh nya fungsinya sama saja karena pokus pembica raan sama saja , tetapi karena sudah mendarah daging dibeberapa luat ungkapan martonggo raja / marria raja tak sama tapi tujuannya sama hanya pelaksanaannya yg berbeda , itu sebabnya Raja parhata selalu mengatakan sidapot solup do naro.
Menurut adat di Toba : Martonggo Raja dilakukan kalau hendak melakukan horja / Pesta adat yg besar umpamanya memotong kerbau, tetapi kalau ulaon nametmet hanya memotong sapi / namarmiak-miak cikup dgn marria raja . Martonggo Raja sudah dihadiri hula-hula , sedang Marria Raja hanya dihadiri dongan tubu dongan sahuta saja tak dihadiri hula-hula. Biasanya selesai martonggo Raja ada marbagi parjambaran dan digorahon tetapi kalau Marria Raja tak ada marbagi parjambaran kalaupun ada tak digorahon.
Menurut Humbang dan Silindung. Kalau seorang diantara dongan tubu hendak mangulahon sada ulaon adat apakah itu memotong kerbau, sapi / namarmiak-miak
harus terlebih dahulu diadakan Martonggo Raja , dan saat martonggo raja inilah suhut sihabolonan mengutarakan niat dan maksud tuju-annya, kemudian dipertimbangkan dan diputuskan dongan tubu dan boru serta dongan sahuta. Perbedaan martonggo raja dan marria raja ni dpt kita lihat pd saat acara perkawinan. Apabila satu keluarga hendak mengawinkan anak laki-laki sebelum diadakan pesta terlebih dahulumartonggo raja , demikian jg dgn pihak parboru kalau hendak mengawinkan anakperempuannya lebih dahulu mengadakan marria raja . Jadi kalau dikatakan Marria Raja berarti pihak parboru dan kalau dikatakan Martonggo Raja menunjukkan yg marulaon itu pihak paranak. Apa yg dibicarakan pd saat martonggo raja dan marria raja sesungguhnya sama saja yaitu membagi tugas kepada dongan tubu , boru dan bere serta dongan sahuta , Di Jabotabek pd saat martonggo raja ada papungu tumpak sian keluarga nasolhot , tetapi adakalanya suhut mengatakan digedong saja sekalian. Pada saat Marria Raja , biasanya dikumpulkan siuk , maksutnya agar dongan tubu dan boru sisada dengke dohot hasuhuton,
berarti suhut yg memasak dekke siuk dari dongan tubu.Proses pelaksanaan MartonggoRaja dan Marria raja di Jabotabek : Setelah semua undangan hadir , pertama kali yg membawakan acara martonggo raja / marria raja ialah paidua ni hasuhuton .
Paidua ni hasuhuton Jadi songonima dihamu hasuhuton nami, manghilap sian nadao, manggora sian na jonok gokkon sipaimaon jou-jou sialusan , nungnga sahat hami tu bagas namarampang namarjualon hundul diamak tiar sai tiarma tutu las niroha dihita saluhutna , antong namanungkun mahami nuaeng tuhamu hasuhuton nami aha do lapatan ni gakkon dohot jau-jou ni Rajai.
Apala Suhut sihabolonan Imada Raja nami , parjolo hudok hami mauliate diria ni roha muna mangoloi gokkon dohot jou jou nami i, ia lapatan ni gongkon dohot jaou-jou i raja nami , songon hata ni natua tua na mandok , ndang tartuhuk salak pandingding an, molo adong antong ulaon diiba ba pasahton ma tu dongan tubu, boru dohot dongan sahuta jadi napashat ulaon ido hami tu hamu raja nami asa
hamu ma na mangatur songon dia parunena diulaon na naeng ulahononta dipesta unjuk di ari nanaeng ro. Jadi Raja nami na martonggo raja / marria raja do ulaonta ditingkion botima.
Paidua ni hasuhuton. Mauliate ma dihamu hasuhuton nami na martonggo raja / marria raja ma hape lapatan ni gokkon dohot jou-jou muna i , antong ala na manonggo angka raja do hape hamu ditingkion ba songon adatna pasahat hamu ma jolo tudu-tudu ni sipanganon tu joloon. Kemudian suhut bolonan membawa tudu-tudu nisipanganon, selanjutnya paidua ni hasuhuton melemparkan pertanyaan kepada semua yg hadir saat itu .
Paidua ni hasuhuton Dihamu dongan tubu nami , boru dohot bere nami , songon i nang dihamu Raja ni dongan sahuta nami, dison nungnga diadophon hasuhuton tuhita tudu-tudu nisipanganon, Tudia bahenonta adop ni tudu-tudu nisi-panganon on. Sahalak sian na hadiri mangalusi . Mauliate ma dihamu paidua nisuhut nami,
anggo menurut pandapot nami siala na Martonggo Raja / Marria Raja do hita apala ditingki on, anggo ninina rohangku na rap mangadopi do hita ditudu-tudu ni sipanganon i, ala ni i , dihaliangkon ma tudu-tudu nisipanga-non i songon tanda naung rap mangadopi hita, botima.
Oleh karena semua setuju dan selanjutnya acara makan dan setelah selesai makan dilanjutkan pembicaraan .
Paidua ni hasuhuton Jadi songon ima da dihamu hasuhuton nami nungnga bosur hami mangan indahan nalas i sagat marlompan juhut nataboi, antong diama lakkat na dia unokna diama hatana dia nidokna, patorang hamu ma jolo asa boi hupartimbangkon hami molo sitimbangan , jala asa boi hu ulahon hami molo siulaon do, botima.
Oleh suhut sihabolonan dijelaskanlah semua rencana perkawinan anaknya sesuai pembicaraan pd saat marhusip, oleh karena pd saat marhusip baru sebatas rencana , maka sekarang pd saat martonggo raja / marria raja adlh untk menentukan siapa pelaksana
pelaksana rencana itu. . Jadi sesungguhnya Martonggo Raja dan Marria Raja termasuk kunci kesuksesan disada ulaon Batak. Karena pd saat Martonggo Raja dan Marria Raja inilah dibagi tugas kepada dongan tubu, boru , bere dan dongan sahuta bahkan penyebaran undangan. Yang dibicarakan antara lain :
1. Siapa yg duduk didepan mandongani hasuhuton bolon 2. Siapa sijalo bara/pamarai 3. Siapa simolohon / simanggokkon 4. Siapa pariban / sihuntiampang 5. Siapa-siapa yg menerima panandaon 6. Siapa-siapa yg mangampehon dan menerima ulos herbang 7. Siapa parhata pd saat marsibuha-buhai 8. Siapa yg bertugas mengucapkan terimakasih di Gereja 9. Siapa koordinator / Anggota penerima tamu digedong dari dongan tubu dan dari boru 10 Siapa yg bertanggung jawab hepeng ulak ni tandok dohot dengke siuk 10. Siapa yg menjadi Raja Parhata dan
Protokol dimata ni ulaon i. 11. Siapa yg bertugas pasahat sulang-sulang tu hula-hula 12. Siapa yg membacakan dekke siuk 13. Siapa yg bertugas mendampingi protocol untk membagikan jambar juhut dari dongantubu dan boru/bere 14. Siapa yg bertugas parade ampang inganan ni tumpak 15. Siapa yg bertugas mendampingi Raja parhata sian boru 16. Siapa yg bertugas membagikan minuman dan lampet setelah makan 17. Siapa yg bertanggung jawab memper siapkan sipatupaon tu na paulak une / tingkir tangga 18. Siapa yg bertanggung jawab memper siapkan ulos herbang dan panandaon 19. Siapa yg mempersiapkan pinggan panungkunan / olop-olop Semuanya dibicarakan dan dibagi tugas kepada dongan tubu , boru , bere dan dongan sahuta yg hadir pd saat itu.Martonggo raja dan marria raja itu sesungguhnya sangat berperan pd saat hendak melaksanakan ulaon adat Batak. Tapi demikian ulaon martonggo raja dan marria raja ni termasuk ulaon ripe-ripe maka
undangan pun masih sebatas ama martinodo-hon / ompung ni ama martinodohon / punguan na saparliatan.
Pada saat martonggo raja dan marria raja di Jabotabek tak ada marbagi parjambaran kalaupun ada cukup pd saat akan pulang diberikan kepada masing-masing yg hadir pd saat itu.
Thursday, 24 December 2015
ADAT BATAK
0 Response to "Proses Adat Batak Martonggo Raja / Marria Raja - ADAT BATAK"
Post a Comment