This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Riwayat Perselisihan Shahabat tentang Kubur Nabi - Fiqh

Riwayat Perselisihan Shahabat tentang Kubur Nabi lusihkas.blogspot.com - Dikatakan, salah satu dalil diperbolehkannya shalat di masjid yg ada kuburannya adlh dulu pernah ada perselisihan bahwa sebagian shahabat ada yg mengusulkan agar Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dikuburkan dekat mimbar di dlm Masjid Nabawi dan sebagian shahabat lain tak ada yg mengingkarinya. Artinya, ada ijmaa’ sukuti di situ. Apa itu riwayatnya ? Berikut akan dibawakan pembahasannya secara ringkas:
حَدَّثَنِي يَحْيَى، عَنْ مَالِك، أَنَّهُ بَلَغَهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تُوُفِّيَ يَوْمَ الْاثْنَيْنِ، وَدُفِنَ يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ، وَصَلَّى النَّاسُ عَلَيْهِ أَفْذَاذًا لَا يَؤُمُّهُمْ أَحَدٌ، فَقَالَ نَاسٌ: يُدْفَنُ عِنْدَ الْمِنْبَرِ، وَقَالَ آخَرُونَ: يُدْفَنُ بِالْبَقِيعِ، فَجَاءَ أَبُو بَكْرٍ الصِّدِّيقُ، فَقَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " مَا دُفِنَ نَبِيٌّ قَطُّ إِلَّا فِي مَكَانِهِ الَّذِي تُوُفِّيَ فِيهِ فَحُفِرَ لَهُ فِيهِ.....
Telah menceritakan kepadaku Yahyaa, dari Maalik, bahwasannya telah sampai kepadanya bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam wafat pd hari Senin, dikuburkan pd hari Selasa, dan orang-orang menyalatkan beliau sendiri-sendiri, tak diimami oleh satu orang. Orang-orang berkata : Kuburkan (nabi) di mimbar (masjid Nabawi). Yang lain berkata: Kuburkan di pemakaman Baqi’. Kemudian Abu Bakr datang dan berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Tidak ada nabi yg meninggal dunia kecuali ia dikuburkan di tempat dimana ia wafat. Kemudian di gali lah di dlm kamar Nabi tersebut.... [Al-Muwaththa’ 2/203 no. 597]. Diriwayatkan jg oleh Ibnu Sa’d[1] dlm Ath-Thabaqaat 2/395 dari jalan Maalik. Sanad riwayat ni lemah karena mu’dlal. Diriwayatkan jg oleh Ibnu Maajah[2] no. 1628 dan Abu Ya’laa[3] no. 22; semuanya dari jalan Muhammad bin Ishaaq : Telah menceritakan kepadaku Husain bin ‘Abdillah, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas, ...... dari Abu Bakr radliyallaahu ‘anhumaa. Sanadnya lemah karena Husain bin ‘Abdillah seorang yg lemah. Husain bin ‘Abdillah mempunyai mutaba’ah dari Ibnu Sa’d[4] dlm Ath-Thabaqaat 2/395. Sanadnya sangat lemah karena faktor Al-Waaqidiy, seorang yg matruuk; dan Ibraahiim bin Ismaa’iil bin Abi Habiibah, seorang yg dla’iif. Diriwayatkan jg oleh Ibnu Sa’d[5] dlm Ath-Thabaqaat 2/395 : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah Al-Anshaariy : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Amru, dari Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan dan Yahyaa bin ‘Abdirrahmaan bin Haathib, ia berkata : Abu Bakr berkata : ......... Sanadnya dla’iif karena mursal. Maka dpt kita lihat riwayat yang menyebutkan usul sebagian shahabat untk menguburkan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam di mimbar / masjid Nabawi tak lepas dari kelemahan. Seandainya shahih, maka tetap saja di dalamnya tak ada dalil diperbolehkannya menguburkan seseorang di dlm masjid dgn alasan: 1. Usul sebagian shahabat agar Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dikuburkan di mimbar / di dlm masjid kemungkinan karena ketidaktahuannya akan nash larangannya. 2. Usul sebagian shahabat tersebut bertentangan dgn sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang melarang menjadikan kubur beliau sebagai masjid:
عَنْ عَائِشَةَ، وَعَبْد اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ، قَالَا: لَمَّا نَزَلَ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَفِقَ يَطْرَحُ خَمِيصَةً لَهُ عَلَى وَجْهِهِ، فَإِذَا اغْتَمَّ بِهَا كَشَفَهَا عَنْ وَجْهِهِ، فَقَالَ: " وَهُوَ كَذَلِكَ، لَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الْيَهُودِ وَالنَّصَارَى اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ يُحَذِّرُ مَا صَنَعُوا
Dari ‘Aisyah dan Ibnu ‘Abbas, mereka berdua berkata : Ketika Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam kesehatannya menurun pd saat-saat akhir hidupnya, beliau menutupkan kain khamishah-nya (selimut wolnya) pd wajahnya, tapi beliau melepas kain tersebut dari wajahnya ketika napasnya semakin terganggu seraya bersabda : Laknat Allah atas orang-orang Yahudi dan Nashara yg telah menjadikan kubur para nabi mereka sebagai masjid. Aisyah berkata : Beliau memperingatkan agar tak melakukan seperti apa yg mereka lakukan [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 435 & 436 dan Muslim no. 531].
عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَرَضِهِ الَّذِي لَمْ يَقُمْ مِنْهُ: " لَعَنَ اللَّهُ الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى، اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ "، قَالَتْ: فَلَوْلَا ذَاكَ أُبْرِزَ قَبْرُهُ، غَيْرَ أَنَّهُ خُشِيَ أَنْ يُتَّخَذَ مَسْجِدًا
Dari ‘Aaisyah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau sakit dan dlm keadaan berbaring : Allah telah melaknat Yahudi dan Nashrani yg telah menjadikan kuburan para nabi mereka sebagai masjid. Aku ‘Aaisyah berkata : Kalau bukan karena takut (laknat) itu, niscaya kuburan beliau ditempatkan di tempat terbuka. Hanya saja beliau takut kuburannya itu akan dijadikan sebagai masjid [Diriwayatkan oleh Muslim no. 529].‘Illat beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak dikuburkan di Baqii’ adlh karena khawatir kubur beliau akan dijadikan masjid oleh kaum muslimin sehingga mereka tertimpa laknat Allah sebagaimana laknat telah menimpa orang Yahudi dan Nashrani. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan dan melarang kaum muslimin agar tak meniru jalan mereka. Lantas, bagaimana bisa seseorang berpikir mengambil perkataan salah seorang shahabat - apabila shahih perkataan ni - tentang kebolehan menguburkan beliau di dlm masjid ?. Jaabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhu berkata :
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُجَصَّصَ الْقَبْرُ، وَأَنْ يُقْعَدَ عَلَيْهِ، وَأَنْ يُبْنَى عَلَيْهِ
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah melarang kubur untk dikapur, diduduki, dan dibangun sesuatu di atasnya [Diriwayatkan oleh Muslim no. 970].
عَنْ أَبِي الْهَيَّاجِ الْأَسَدِيِّ، قَالَ: قَالَ لِي عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ: أَلَا أَبْعَثُكَ عَلَى مَا بَعَثَنِي عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ لَا تَدَعَ تِمْثَالًا إِلَّا طَمَسْتَهُ، وَلَا قَبْرًا مُشْرِفًا إِلَّا سَوَّيْتَهُ
Dari Abul-Hayyaaj Al-Asadiy, ia berkata : ‘Aliy bin Abi Thaalib pernah berkata kepadaku : Maukah engkau aku utus sebagaimana Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah mengutusku ? Hendaklah engkau tak meninggalkan gambar-gambar kecuali engkau hapus dan jangan pula kamu meninggalkan kuburan yg ditinggikan kecuali kamu ratakan [Diriwayatkan oleh Muslim no. 969, Abu Daawud no. 3218, At-Tirmidziy no. 1049, An-Nasaa’iy no. 2031, dan yg lainnya]. Apakah menurut kita - orang yg berakal - Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang membangun bangunan di atas kubur, tapi malah memperbolehkan membangun masjid di atasnya / meletakkan kubur beliau di dlm masjid yg secara fisik jelas lebih megah daripada sekedar mengapur dan menyemen kubur ?. 3. Riwayat-riwayat yg menyebutkan adanya sebagian shahabat yg mengusulkan agar Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dikuburkan di mimbar / di dlm masjid, hanyalah menyebutkan macam perselisihan yg ada di waktu tersebut. Tidak ada qarinah sama sekali bahwa para shahabat tak mengingkari usul tersebut. Begitu jg Abu Bakr yg datang setelah adanya perselisihan tersebut dan kemudian mengatakan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dikuburkan di tempat beliau wafat; mengindikasikan adanya kemungkinan bahwa ia tak mengetahui usul penguburan di masjid tersebut. Seandainya mengetahui, niscaya akan ia ingkari. Asy-Syaikh Al-Albaaniy dlm Tahdziirus-Saajid menyebutkan riwayat:
عن أمهات المؤمنين أن أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم قالوا : كيف نبني قبر رسول الله صلى الله عليه وسلم ؟ أنجعله مسجدا ؟ فقال أبو بكر الصديق : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : لعن الله اليهود والنصارى اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد
Dari Ummahatul-Mukminiin : Bahwasannya para shahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya : Bagaimana kami harus membangun kubur Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, apakah kami boleh menjadikannya sebagai masjid ?. Maka Abu Bakar menjawab : Aku pernah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Allah melaknat orang-orang Yahudi dan Nashrani yg telah menjadikan kubur para Nabi mereka sebagai masjid [HR. Ibnu Zanjawaih dlm kitab Fadlaailush-Shiddiiq sebagaimana disebutkan dlm Al-Jamii’ul-Kabiir 3/147/1]. 4. Ibnu Hajar Al-Haitami rahimahullah berkata:
واتخاذ القبر مسجداُ معناه الصلاة عليه ، أو إليه
Menjadikan kubur sebagai masjid berarti shalat di atasnya / dgn menghadap ke arahnya [Az-Zawaajir, 1/121]. Maksudnya, larangan menjadikan kubur sebagai masjid itu mencakup larangan untk shalat di atasnya / shalat menghadap ke arahnya. An-Nawawiy rahimahullah berkata:
وَاتَّفَقَتْ نُصُوصُ الشَّافِعِيِّ وَالْأَصْحَابِ عَلَى كَرَاهَةِ بِنَاءِ مَسْجِدٍ عَلَى الْقَبْرِ سَوَاءٌ كَانَ الْمَيِّتُ مَشْهُورًا بِالصَّلَاحِ أَوْ غَيْرِهِ لِعُمُومِ الْأَحَادِيثِ
Nash-nash dari Asy-Syaafi’iy dan para shahabatnya telah sepakat tentang dibencinya membangun masjid di atas kubur. Sama saja, apakah si mayit masyhur dgn keshalihannya ataupun tak berdasarkan keumuman hadits-haditsnya [Al-Majmuu’, 5/316]. Al-Qurthubiy rahimahullah berkata :
فاتخاذ المساجد على القبور والصلاة فيها والبناء عليها، إلى غير ذلك مما تضمنته السنة من النهي عنه ممنوع لا يجوز
Membangun masjid-masjid di atas kubur, shalat di atasnya, membangun bangunan di atasnya, dan yg lainnya termasuk larangan dari sunnah, tak diperbolehkan [Tafsiir Al-Qurthubiy, 10-379]. Jika membangun masjid di atas kubur (atau sebaliknya : meletakkan kubur di dlm masjid) tak diperbolehkan, lantas bagaimana dpt dipahami shalat di dlm masjid yg ada kuburnya diperbolehkan seperti kata ‘mereka’ ?. Al-Munawi rahimahullah berkata :
أي اتخذوها جهة قبلتهم ، مع اعتقادهم الباطل ، وإن اتخاذها مساجد ، لازم لاتخاذ المساجد عليها كعكسه ، وهذا بين به سبب لعنهم لما فيه من المغالاة في التعظيم . قال القاضي ( يعني البيضاوي ) : لما كانت اليهود يسجدون لقبور أنبيائهم تعظيماً لشأنهم ، ويجعلونها قبلة ، ويتوجهون في الصلاة نحوها ، فاتخذوها أوثاناً لعنهم الله ، ومنع المسلمين عن مثل ذلك ونهاهم عنه
Artinya, .. mereka menjadikan kubur para nabi itu sebagai arah kiblat mereka akibat keyakinan mereka yg salah. Dan menjadikan kubur itu sebagai masjid menuntut konsekuensi pembangunan masjid di atasnya, dan jg sebaliknya. Hal demikian itu menjelaskan sebab dilaknatnya mereka, yaitu karena tindakan tersebut mengandung sikap berlebihan dlm pengagungan. Al-Qadli (yaitu Al-Baidlaawiy) mengatakan : ‘Orang-orang Yahudi bersujud kepada kubur para Nabi sebagai pengagungan terhadap mereka dan menjadikannya sebagai kiblat. Mereka jg menghadap ke kubur itu dlm mengerjakan shalat dan ibadah lainnya. Sehingga dgn demikian, mereka telah menjadikannya sebagai berhala yg dilaknat oleh Allah. Dan Allah telah melarang kaum muslimin melakukan hal tersebut [Faidlul-Qadiir Syarh Al-Jamii’ Ash-Shaghiir - melalui perantara Tahdziirus-Saajid hal. 35]. Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah berkata :
قيل معناه النهي عن السجود على قبور الأنبياء وقيل النهي عن اتخاذها قبلة يصلى إليها
Dikatakan maknanya adlh larangan terhadap sujud di atas kubur para Nabi. Dan jg dikatakan bahwa maknanya adlh larangan untk menjadikannya sebagai kiblat dimana ia shalat menghadapnya [Tanwiirul-Hawaalik Syarh Muwaththa’ Malik no. 414, 1/143]. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
عَنْ أَبِي مَرْثَدٍ الْغَنَوِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " لَا تَجْلِسُوا عَلَى الْقُبُورِ، وَلَا تُصَلُّوا إِلَيْهَا "
Dari Abu Martsad Al-Ghanawiy, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : Janganlah kalian duduk di atas kubur dan jangan pula shalat menghadap ke arahnya [Diriwayatkan oleh Muslim no. 972, Abu Daawud no. 3229, Ahmad 4/135, An-Nasaa’iy no. 761, At-Tirmidzi no. 1050; dan yg lainnya].Wallaahu a’lam bish-shawwaab. Semoga yg sedikit ni ada manfaatnya. [abul-jauzaa’ - perumahan ciomas permai - 04 Ramadlaan 1436 - 21062015 - 16:13].



[1] Riwayatnya adalah:
أَخْبَرَنَا مَعْنُ بْنُ عِيسَى، أَخْبَرَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا تُوُفِّيَ، قَالَ نَاسٌ: يُدْفَنُ عِنْدَ الْمِنْبَرِ، وَقَالَ آخَرُونَ: يُدْفَنُ بِالْبَقِيعِ، فَجَاءَ أَبُو بَكْرٍ، فَقَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " مَا دُفِنَ نَبِيٌّ إِلا فِي مَكَانِهِ الَّذِي قَبَضَ اللَّهُ فِيهِ نَفْسَهُ "، قَالَ: فَأُخِّرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْمَكَانِ الَّذِي تُوُفِّيَ فِيهِ فَحُفِرَ لَهُ فِيهِ[2] Riwayatnya adalah:
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ، أَنْبَأَنَا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاق، حَدَّثَنِي حُسَيْنُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: لَمَّا أَرَادُوا أَنْ يَحْفِرُوا لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثُوا إِلَى أَبِي عُبَيْدَةَ بْنِ الْجَرَّاحِ وَكَانَ يَضْرَحُ كَضَرِيحِ أَهْلِ مَكَّةَ، وَبَعَثُوا إِلَى أَبِي طَلْحَةَ وَكَانَ هُوَ الَّذِي يَحْفِرُ لِأَهْلِ الْمَدِينَةِ وَكَانَ يَلْحَدُ، فَبَعَثُوا إِلَيْهِمَا رَسُولَيْنِ، وَقَالُوا: اللَّهُمَّ خِرْ لِرَسُولِكَ، فَوَجَدُوا أَبَا طَلْحَةَ، فَجِيءَ بِهِ وَلَمْ يُوجَدْ أَبُو عُبَيْدَةَ فَلَحَدَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: فَلَمَّا فَرَغُوا مِنْ جِهَازِهِ يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ وُضِعَ عَلَى سَرِيرِهِ فِي بَيْتِهِ، ثُمَّ دَخَلَ النَّاسُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْسَالًا يُصَلُّونَ عَلَيْهِ، حَتَّى إِذَا فَرَغُوا أَدْخَلُوا النِّسَاءَ، حَتَّى إِذَا فَرَغُوا أَدْخَلُوا الصِّبْيَانَ، وَلَمْ يَؤُمَّ النَّاسَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَدٌ، لَقَدِ اخْتَلَفَ الْمُسْلِمُونَ فِي الْمَكَانِ الَّذِي يُحْفَرُ لَهُ، فَقَالَ قَائِلُونَ: يُدْفَنُ فِي مَسْجِدِهِ، وَقَالَ قَائِلُونَ: يُدْفَنُ مَعَ أَصْحَابِهِ، فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ: إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " مَا قُبِضَ نَبِيٌّ إِلَّا دُفِنَ حَيْثُ يُقْبَضُ "
[3] Riwayatnya adalah:
حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مِهْرَانَ السَّبَّاكُ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الأَعْلَى بْنُ عَبْدِ الأَعْلَى السَّامِيُّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، قَالَ: حَدَّثَنِي حُسَيْنُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: لَمَّا أَرَادُوا أَنْ يَحْفُرُوا لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَ أَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ يَضْرَحُ، يَحْفُرُ، لأَهْلِ مَكَّةَ، وَكَانَ أَبُو طَلْحَةَ زَيْدُ بْنُ سَهْلٍ هُوَ الَّذِي كَانَ يَحْفُرُ لأَهْلِ الْمَدِينَةِ، وَكَانَ يَلْحَدُ، فَدَعَا الْعَبَّاسُ رَجُلَيْنِ، فَقَالَ لأَحَدِهِمَا: اذْهَبْ إِلَى أَبِي عُبَيْدَةَ، وَلِلآخَرِ: اذْهَبْ إِلَى أَبِي طَلْحَةَ، اللَّهُمَّ خِرْ لِرَسُولِكَ، فَوَجَدَ صَاحِبُ أَبِي طَلْحَةَ أَبَا طَلْحَةَ فَجَاءَ بِهِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الثُّلاثَاءِ، وُضِعَ عَلَى سَرِيرِهِ، وَقَدْ كَانَ الْمُسْلِمُونَ اخْتَلَفُوا فِي دَفْنِهِ، فَقَالَ قَائِلٌ: نَدْفِنُهُ فِي مَسْجِدِهِ، وَقَالَ قَائِلٌ: بَلْ يُدْفَنُ مَعَ أَصْحَابِهِ، فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ: إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " مَا قُبِضَ نَبِيٌّ إِلا دُفِنَ حَيْثُ قُبِضَ
[4] Riwayatnya adalah:
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ، أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي حَبِيبَةَ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ الْحُصَيْنِ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: لَمَّا فُرِغَ مِنْ جِهَازِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الثُّلاثَاءِ وُضِعَ عَلَى سَرِيرٍ فِي بَيْتِهِ وَكَانَ الْمُسْلِمُونَ قَدِ اخْتَلَفُوا فِي دَفْنِهِ، فَقَالَ قَائِلٌ: ادْفِنُوهُ فِي مَسْجِدِهِ، وَقَالَ قَائِلٌ: ادْفِنُوهُ مَعَ أَصْحَابِهِ بِالْبَقِيعِ، قَالَ أَبُو بَكْرٍ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " مَا مَاتَ نَبِيٌّ إِلا دُفِنَ حَيْثُ يُقْبَضُ "، فَرُفِعَ فِرَاشُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الَّذِي تُوُفِّيَ عَلَيْهِ ثُمَّ حُفِرَ لَهُ تَحْتَهُ
[5] Riwayatnya adalah:
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الأَنْصَارِيُّ، أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، وَيَحْيَى بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ حَاطِبٍ، قَالَ: قَالَ أَبُو بَكْرٍ: " أَيْنَ يُدْفَنُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَائِلٌ مِنْهُمْ: عِنْدَ الْمِنْبَرِ، وَقَالَ قَائِلٌ مِنْهُمْ: حَيْثُ كَانَ يُصَلِّي يَؤُمُّ النَّاسَ، فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ: بَلْ يُدْفَنُ حَيْثُ تَوَفَّى اللَّهُ نَفْسَهُ، فَأُخِّرَ الْفِرَاشُ ثُمَّ حُفِرَ لَهُ تَحْتَهُ "

other source : http://abul-jauzaa.blogspot.com, http://detik.com, http://solopos.com

0 Response to "Riwayat Perselisihan Shahabat tentang Kubur Nabi - Fiqh"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *