This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Resep Babi Masak Cuka Hitam - Aneka Sup

lusihkas.blogspot.com - Awal resep ni tercipta karena kegemaran saya (yang mungkin berlebihan) atas menu sapi lada hitam. Pertama kali saya mengenal menu sapi lada hitam ini, kala diajak dinner kolega saya (waktu itu masih jadi orang kantoran) disalah satu hotel berbintang di kawasan Senayan Jakarta. Dan wow, mantap abiiis, dan hingga sekarang, ni adlh salah satu menu terfavorit saya.

Resep Babi Masak Cuka Hitam
Babi Masak Cuka Hitam

Bayangkan saja, sebegitu demennya saya dgn menu ini, sampai sampai rela menyisihkan penghasilan saya untk menyantapnya sebulan sekali, dan tentu saja di tempat yg saya sebutkan di atas. Maunya sih tiap 2 minggu, tapi apa daya isi kantong yg belum menunjang untk sering sering makan di hotel berbintang.
Kemudian, setelah saya tak berdomisili lagi di Jakarta, mulailah terpikir untk mencoba memasaknya sendiri. Berbagai usaha saya lakukan, mulai dari ngubek ngubek toko buku cari buku masakan, bongkar bongkar majalah dan tabloid, berselancar ria di internet dan lain sebagainya. Sudah sekian banyak resep yg pernah saya coba, kemudian melakukan mix and match segala macam versi resep dgn tujuan agar benar benar mencapai cita rasa yg sesuai selera saya.
Sangking asyiknya beruji coba dgn aneka resep, sampai suatu waktu secara tak sengaja ketemu dgn resep Sapi Cuka Hitam yg dlm resep originalnya tak menggunakan lada hitam. Saya memang mencoba resep itu, dan kemudian mulailah secara iseng memadukan antara resep Sapi Cuka Hitam dan resep Sapi Lada Hitam hasil modifikasi saya.
Saya sudah tak ingat lagi, sudah berapa kali uji coba dilakukan hingga terciptalah resep ini. Food testing jg dilakukan dgn menyertakan menu ni saat saya menjamu tamu di rumah. Tentu saja material dagingnya menyesuaikan dgn tamu saya. Jika muslim, sayapun menghidangkannya dgn menggunakan daging sapi. Jika non muslim, daging babilah yg dipakai.
Resep ni hanya saya aplikasikan pd 2 jenis dedagingan seperti yg saya sebutkan di atas. Tidak merekomendasikan untk daging ayam, kambing dan lain sebagainya karena saya belum pernah mencobanya. Dan untk penampakan di foto ini, saya menggunakan daging babi.
Penasaran ya.. seperti apa selera saya. Simak yuk resepnya.
Resep Babi Cuka Hitam Bahan:
  • 350 gram daging babi. Bisa jg daging sapi
  • 6 bawang putih cincang
  • 2 bawang merah iris tipis tipis
  • 1 genggam cabe rawit hijau (sesuai selera) uleg kasar. Bagi yg tak suka pedas, bahan ni bisa diabaikan
  • 1 paprika hijau (bisa jg cabe besar) - Tapi untk masakan yg difoto ni saya tak pakai paprika/cabe besar. Kehabisan stock di kulkas dan sudah malas pergi belanja.
  • 2 sdm jamur kuping hitam. Rendam hingga mekar. Jika menggunakan jamur kuping hitam lokal, cukup merendamnya dlm waktu 10 menit. Tetapi jika menggunakan impor, memerlukan waktu merendam yg lebih lama. Cuci jamur yg sudah direndam dan potong potong.
  • 2 sdm lada hitam gerus kasar
  • 1 bawang Bombay potong sesuai selera
  • 1 ruas jahe (iris tipis panjang panjang)
  • 3 sdm minyak goreng untk menumis
  • 1½ sdm minyak wijen
  • 3 sdm cuka hitam
  • 2 ½ sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 100 Cc air

Bahan rendaman daging
  • 3 sdm kecap manis
  • ¼ sdt lada hitam bubuk. Sekali lagi, yg bubuk ya
  • 1 putih telur
  • 1sdm tepung maizena
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap ikan
  • 3 sdm saos tiram (bisa jg 1 sachet)
  • 2 sdm saos tomat
  • 1sdt gula pasir
  • 1 sdm air perasan jahe


Cara membuat Babi Cuka Hitam
  • Lumuri daging dgn bumbu rendaman daging selama 15 - 20 menit
  • Tumis bawang putih cincang, bawang merah, cabe hijau dan jahe sampai berbau harum
  • Masukkan daging bersama bahan rendamannya. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan air. Aduk sekali sekali hingga air mengering dan terlihat minyaknya
  • Masukkan gula pasir. Aduk sebentar.
  • Masukkan lada hitam yg digerus kasar, . Aduk sebentar.Tambahkan garam
  • Menjelang selesai masak, masukkan paprika hijau, jamur kuping dan bawang bombay. Tunggu beberapa detik kemudian masukkan cuka hitam dan minyak wijen. Aduk cepat beberapa detik . Matikan kompor
  • Dalam keadaaan kompor mati, aduk semua bahan agar tercampur rata. Angkat.
  • Selesai deh


Catatan. Cara memasak diatas adlh jika menggunakan jamur kuping lokal. Jika menggunakan jamur kuping impor yg berkelopak tebal, masukkan jamur kuping setelah memasukkan gula pasir.
Demikian resep Babi Lada Hitam ini. Selamat mencoba. Enjoy and happy cooking

other source : http://flickr.com, http://aneka-resep-masakan-online.blogspot.com, http://twitter.com

0 Response to "Resep Babi Masak Cuka Hitam - Aneka Sup"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *