This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Tips Menghadapi Soal Ujian SBMPTN Secara Mudah #54167

Secara umum, soal-soal snmptn diracang tak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Tidak sedikit mata ujian yg pola soalnya mirip dgn soal-soal yg telah ada. Namun, tak sedikit dari beberapa teman kita terkadang salah dlm belajar soal-soal snmptn ini, yg patut diingat, SBMPTN sama sekali bukan ulangan harian sekolah, yg biasanya kita ketahui dgn pasti cara pengerjaan soalnya sesuai teori yg diberikan.
Namun, cara penyelesaian soal snmptn, lebih kepada ide peserta ketika pertamakali menghadapi soal tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana menguasai tiap konsep dlm tiap butir soal snmptn. Pasalnya, soal-soal yg terlihat sulit di SBMPTN tulis, seringkali hanya karena kita tak paham bagaimana melihatnya dari sudut yg lebih sederhana.
Banyak teman kita yg ketika melihat soal-soal yg cukup kompleks, mereka cenderung menghindar, padahal, bisa saja soal sejenis pernah mereka kerjakan, namun karena kurangnya penguasaan konsep tiap soal, maka gagalah soal itu untuk bisa ia kerjakan. Oleh karena itu, pengusasaan konsep dari pasal-pasal snmptn sangat penting untuk kita kuasai. Sesuai dgn judul di atas, admin akan sedikit berbagi bagaimana cara mempelajari soal-soal snmptn sesuai dgn karekteriskitnya masing-masing:
- Kemampuan Dasar -
1. Matematika Dasar
Mungkin, ni adalah salah satu mata pelajaran yg memiliki nilai standar rata-rata nasional yg cukup tinggi. Yang jelas, mata pelajaran mat-das ni adalah kesempatan besar bagi peserta snmptn untuk memperoleh poin maksimal di SBMPTN hari pertama. Patut diperhatikan, dlm mengerjakan soal mat-das seperti ini, terkadang bukan rumus yg kita pergunakan, tapi bagaimana kita mentrnsformasikan visualisasi dari soal-soal mat-das dlm bentuk persamaan matematika yg lebih umum.
2. Bahasa Indonesia
Mengenai mapel yg satu ini, admin tak bisa bicara banyak mengenai tips mengerjakan soal-soalnya. Namun, jikalau bisa, Anda harus menguasai beberapa topik yg sering muncul dlm mata pelajaran ini. Contohnya; kutipan langsung, kalimat utama, daftar pustaka, dll. Hal ni akan sangat membantu apabila muncul beberapa jenis soal yg sudah kita kuasai konsepnya. Paling tidak, anda bisa memastikan angka lebih di mapel ini.
3. Bahasa Inggris
Sejak tahun 2010, mata pelajaran ni selalu dihiasi teks-teks panjang berbahasa inggris dan kita disuruh mencari suatu jawaban berdasarkan tulisan tersebut. Tahun 2010 dan 2011 pun boleh dikatakan tak keluar aturan grammar untuk ujian mata pelajaran ini. Oleh karena itu, perlu kira kuasai kemampuan membaca teks cepat dgn menandai bagian-bagian penting dari teks tersebut (annotating text). Yang pasti, usahakan sebelum membaca artikelnya, kita melihat dulu hal yg dipermasalahkan dlm soal.
Tips Menghadapi Soal Ujian SBMPTN Secara Mudah
- Kemampuan IPA -
1. Matematika IPA
Untuk mata pelajaran ini, hanya sedikit tips yg bisa admin sarankan mengingat bentuk tiap soalnya yg relatif sangat kompleks. Yang pasti, matematika ipa berfokus pd subjek pelajaran yg notabene-nya tak dipelajari di ips. Kunci dlm mengerjakan soal-soal ni adalah penguasaan dlm materi-materi yg berkaitan dgn fungsi, teknik integrasi/diferensiasi dan interpretasi dari tiap persamaan matematika. Tidak lupa, penguasaan fungsi trigonometri jadi faktor penting jg dlm menghadapi soal-soal ini.
2. Kimia
Jika kita bicara materi pelajaran kimia SMA, jelas soal-soal yg ada tak akan terlepas dari konsep mol, dimana, secara sederhana mol diartikan sebagai satuan kuantitatif untuk partikel sejumlah bilangan avogadro. Beberapa poin penting dari materi ni jg terkait dgn persamaan reaksi kimia dan dinamikanya, jg konsep sifat-sifat unsur dlm sistem periodik.
3. Fisika
Banyak yg berasumsi bahwa salah satu mata pelajaran yg paling sulit di snmptn adalah fisika, ya, admin sendiri sulit untuk manafikan hal ini. Tapi, admin punya tips sederhana dlm mengerjakan soal-soal fisika snmptn yg berbasis konsep ini. Pertama, analisa dimensi, sederhananya, kita harus tahu satuan apa yg diketahui dan satuan apa yg ditanyakan, jika hal ni sudah kita kuasai, ada baiknya kita tahu jg faktor-faktor konstanta yg mungkin ada dlm perhitungannya. Kedua, interpretasi soal yg baik, artinya, kita harus tahu cerita yg dipermasalahkan dlm soal dan bagaimana fenomenanya secara nyata, hal ni penting untuk mempermudah kita dlm menganalisa hukum-hukum apa saja yg berlaku dlm satu soal itu.
4. Biologi
Khusus untuk mata pelajaran ini, admin sarankan untuk belajar dari soal-soal tahun lalu saja dan pahami konsep tiap butir soalnya. Alasannya, jika kita belajar dari awal bahan-bahan biologi SMA, ni akan sangat menguras waktu kita dlm persiapan menghadapi snmptn. Selain itu, patut kita kuasai kosakata umum yg sering dijadikan isilah dlm biologi, misal; fag(makan), lisis(pecah/hancur), dermis(kulit) dll.
Kira-kira, itulah yg bisa admin berikan perihal tips sederhana dlm menghadapi soal-soal snmptn, khususnya soal-soal snmptn IPA. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa meninggalkan komentar di artikel ni jika ada yg patut ditambahkan / dikoreksi. Semoga dpt membantu teman-teman sekalian yg sedang mempersiapkan mengikuti SBMPTN jalur Ujian Tulis.

source : http://daftarsnmptnsbmptn.blogspot.com, http://imgur.com, http://viva.co.id

0 Response to "Tips Menghadapi Soal Ujian SBMPTN Secara Mudah #54167"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *