lusihkas.blogspot.com - Asalamu’alaikum. Ustadz roy, ana melihat umumnya orang mati lalu di kubur sebelum tanah ditimbunkan ada orang yg melantunkan azan dan talqin seolah mengajari mayat untk menjawab pertanyaan malaikat nanti, apa ni ada dasar hadist yg sahih? Ana minta keterangan dari ustadz. Terima kasih atas jawaban ustadz semoga surga balasannya.
(Aviv Abdul Wahhab)
Jawab:
Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Wa iyyakum.
Yang disyari’atkan ketika menguburkan mayat adlh mengucapkan: Bismillah wa ‘ala millati rasulillah / bismillah wa ‘ala sunnati rasulillah. (HR Abu Dawud, At-Tirmidzy, dan Ibnu Majah dari Ibnu ‘Umar dan dishahihkan Syeikh Al-Albany)
Dan setelah menguburkan mayit adlh mendoakan dgn ampunan dan penetapan dlm menjawab pertanyaan, sebagaimana dlm hadist, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika selesai menguburkan orang beliau berdiri dan mengatakan:
استغÙِرÙا ÙأخÙÙÙ ÙاسأÙÙا Ù٠اÙتثبÙتَ ÙØ¥Ù٠اÙØ¢Ù ÙُسْØ£َÙMohonkanlah ampun untk saudara kalian dan mintalah ketetapan untuknya karena sesungguhnya dia sekarang sedang ditanya. (HR. Abu Dawud, dari ‘Utsman bin Affan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany)
Adapun adzan ketika menguburkan mayat maka ni menyelisihi sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan tak boleh diqiyaskan dgn adzan di telinga bayi yg barulahir karena adzan ketika itu jg tak ada dasar yg shahih dan seandainya shahihpun tak boleh diqiyaskan karena qiyas tak boleh masuk dlm ibadah.
Berkata Ibnu Hajar Al-Haitamy (wafat tahun 974 H, termasuk ulama Syafi’iyyah)pernah ditanya tentang permasalahan ni maka beliau menjawab:
Ù٠بدعة Ù٠٠زع٠أÙ٠سÙØ© عÙد ÙزÙ٠اÙÙبر ÙÙاسا عÙÙ ÙدبÙ٠ا Ù٠اÙÙ ÙÙÙد Ø¥ÙØاÙا Ùخات٠ة اÙأ٠ر بابتدائ٠ÙÙÙ Ùصب Ùأ٠جا٠ع بÙ٠اÙأ٠رÙÙ Ù٠جرد أ٠ذا٠Ù٠اÙابتداء ÙÙذا Ù٠اÙاÙتÙاء Ùا ÙÙتض٠ÙØÙÙ٠ب٠Ini adlh bid’ah, dan barangsiapa yg menyangka bahwa ni sunnah ketika selesai menguburkan, dgn mengqiyaskan adzan ketika dia lahir, dan menghubungkan akhir hidupnya dgn awalnya, maka dia telah terjatuh dlm kesalahan, apa yg mengumpulkan kedua perkara ini? kalau hanya karena ni di awal kehidupan dan itu di akhir kehidupan maka ni tak mengharuskan ni disamakan dgn itu. (Fatawa Al-Fiqhiyyah Al-Kubra 2/24).
Syeikh Al-Albany mengategorikan amalan ni di dlm bid’ah jenazah (lihat Ahkamul Janaiz hal: 217, maktabatul ma’arif), demikian pula Syeikh bin Baz (lihat Majmu’ dan Rasail beliau 10/361). Lihat jg Fatawa Al-lajnah Ad-daimah 9/72.
Pendapat yg ana kuatkan bahwa talqin tak disyari’atkan kecuali bagi orang yg mau meninggal, adapun setelah meninggal maka tak disyari’atkan karena tak ada dalil yg shahih yg menunjukkan tentangnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
ÙÙÙÙا Ù ÙتاÙÙ Ùا Ø¥Ù٠إÙا اÙÙÙTalqinlah (tuntunlah) orang yg mau meninggal (untuk mengucapkan) Laa ilaaha illallah. (HR. Muslim, dari Abu Sa’id Al-Khudry)
Berkata An-Nawawy:
Ù َعْÙَاÙُ Ù َÙْ ØَضَرَÙُ اÙْÙ َÙْت ، ÙَاÙْÙ ُرَاد Ø°َÙِّرُÙÙُ Ùَا Ø¥ِÙَ٠إِÙَّا اÙÙَّÙ ÙِتَÙُÙÙَ آخِر ÙÙا٠٠Maknanya: Orang yg sedang didatangi kematian, maksudnya: Ingatkan dia laa ilaaha illallah supaya itu menjadi akhir ucapannya. (Syarh Muslim 6/219)
Beliau shallalllahu ‘alaihi wa sallam jg bersabda :
Ù Ù Ùا٠آخر ÙÙا٠٠Ùا Ø¥Ù٠إÙا اÙÙ٠دخ٠اÙجÙØ©Barangsiapa yg ucapan terakhirnya laa ilaaha illallah maka akan masuk surga. (HR. Abu Dawud, dari Mua’dz bin Jabal, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).
Ketika paman beliau Abu Thalib mau meninggal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjenguk beliau dan menalqinnya seraya mengatakan:
أ٠عَÙ ِّ، ÙÙ Ùا Ø¥Ù٠إÙا اÙÙÙ، ÙÙÙ Ø©ً Ø£ُØَاجُّ Ù٠بÙا عÙد اÙÙÙWahai pamanku, katakanlah laa ilaaha illallahu, sebuah kalimat yg aku akan berhujjah dengannya untukmu disisi Allah. (Muttafaqun ‘alaihi).
Berkata Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin:
تÙÙÙ٠اÙÙ Ùت بعد اÙدÙÙ ÙÙ ÙØµØ Ø§ÙØدÙØ« ÙÙÙ ÙÙÙÙ٠٠٠اÙبدع Mentalqin mayit setelah dikubur tak ada hadist shahih di dalamnya, maka amalan ni termasuk bid’ah. (Asy-Syarh Al-Mumti’ 5/364).
Berkata Syeikh Shalih bin Fauzan:
أ٠ا بعد خرÙج اÙرÙØ Ùإ٠اÙÙ Ùت Ùا ÙÙÙÙ Ùا Ùب٠اÙدÙÙ ÙÙا بعد اÙدÙÙ، ÙÙÙ Ùرد بذÙ٠سÙØ© صØÙØØ© ع٠اÙÙب٠٠صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ ÙسÙÙ Ù ÙÙ٠ا ÙعÙÙ ، ÙØ¥Ù٠ا استØب تÙÙÙ٠اÙÙ Ùت بعد دÙÙ٠ج٠اعة ٠٠اÙعÙ٠اء، ÙÙÙس ÙÙ٠دÙÙ٠ثابت ع٠اÙÙب٠٠صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ ÙسÙÙ Ù Ùأ٠اÙØدÙØ« اÙÙارد ÙÙ Ø°Ù٠٠طعÙÙ Ù٠سÙدÙ، ÙعÙÙ Ùذا ÙÙÙ٠اÙتÙÙÙ٠بعد اÙدÙÙ Ùا أص٠Ù٠٠٠سÙØ© اÙرسÙ٠صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ ÙسÙÙ ، ÙØ¥Ù٠ا Ùا٠ب٠بعض اÙعÙ٠اء اعت٠ادًا عÙÙ ØدÙØ« غÙر ثابت .
ÙاÙتÙÙÙ٠بعد اÙدÙÙ Ùا أص٠ÙÙ Ù٠اÙسÙØ©، ÙØ¥Ù٠ا اÙتÙÙÙ٠اÙ٠شرÙع Ù٠عÙد اÙاØتضار، ÙØ£ÙÙ Ù٠اÙØ°Ù ÙÙÙع اÙÙ Øتضر ÙÙعÙÙ٠اÙÙ Øتضر ÙØ£Ù٠٠ازا٠عÙÙ ÙÙد اÙØÙاة ÙÙستطÙع اÙÙط٠بÙذ٠اÙÙÙÙ Ø© ÙÙÙ Ùا Ùزا٠Ù٠دار اÙع٠Ù، أ٠ا بعد اÙÙ Ùت ÙÙد اÙتÙ٠اÙع٠٠. Adapun setelah keluarnya nyawa maka mayit tak ditalqin, apakah sebelum dikuburkan / setelahnya, dan setahu kami tak ada hadist yg shahih dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dlm permasalahan ini. Hanya saja sebagian ulama menganjurkannya setelah mayit dikubur, tapi mereka tak memiliki dalil yg tetap dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena hadist yg mereka jadikan dalil ada pembicaraan dlm sanadnya, oleh karena itu talqin setelah mayit dikuburkan adlh tak ada asalnya dari sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, hanya sebagian ulama menganjurkan karena berpegang pd hadist yg tak tetap.
Jadi talqin setelah penguburan tak ada asalnya di dlm sunnah, dan talqin yg disyariatkan adlh ketika mau meninggal, karena itulah yg bermanfaat bagi orang yg mau meninggal dan bisa dia pahami sebab dia masih hidup dan mampu mengucapkan kalimat ini, dan dia masih di negeri amal, adapun setelah mati maka amal sudah selesai (Al-Muntaqa min Fatawa Al-fauzan no: 131).
Wallahu a’lam.
Ustadz Abdullah Roy, Lc.
Sumber: tanyajawabagamaislam.blogspot.com
Kata Kunci Terkait:surga, bagaimana, hutang mayat sunnah, hukum mentalqin jenazah, buku mengenai haram talqin mayat, orang mati di adzani, isa, mengubur mayit harus di adzani, talkin mayat menurut hadish shahih, hadits tentang adzan bagi jenaza
(Aviv Abdul Wahhab)
Jawab:
Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Wa iyyakum.
Yang disyari’atkan ketika menguburkan mayat adlh mengucapkan: Bismillah wa ‘ala millati rasulillah / bismillah wa ‘ala sunnati rasulillah. (HR Abu Dawud, At-Tirmidzy, dan Ibnu Majah dari Ibnu ‘Umar dan dishahihkan Syeikh Al-Albany)
Dan setelah menguburkan mayit adlh mendoakan dgn ampunan dan penetapan dlm menjawab pertanyaan, sebagaimana dlm hadist, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika selesai menguburkan orang beliau berdiri dan mengatakan:
استغÙِرÙا ÙأخÙÙÙ ÙاسأÙÙا Ù٠اÙتثبÙتَ ÙØ¥Ù٠اÙØ¢Ù ÙُسْØ£َÙMohonkanlah ampun untk saudara kalian dan mintalah ketetapan untuknya karena sesungguhnya dia sekarang sedang ditanya. (HR. Abu Dawud, dari ‘Utsman bin Affan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany)
Adapun adzan ketika menguburkan mayat maka ni menyelisihi sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan tak boleh diqiyaskan dgn adzan di telinga bayi yg barulahir karena adzan ketika itu jg tak ada dasar yg shahih dan seandainya shahihpun tak boleh diqiyaskan karena qiyas tak boleh masuk dlm ibadah.
Berkata Ibnu Hajar Al-Haitamy (wafat tahun 974 H, termasuk ulama Syafi’iyyah)pernah ditanya tentang permasalahan ni maka beliau menjawab:
Ù٠بدعة Ù٠٠زع٠أÙ٠سÙØ© عÙد ÙزÙ٠اÙÙبر ÙÙاسا عÙÙ ÙدبÙ٠ا Ù٠اÙÙ ÙÙÙد Ø¥ÙØاÙا Ùخات٠ة اÙأ٠ر بابتدائ٠ÙÙÙ Ùصب Ùأ٠جا٠ع بÙ٠اÙأ٠رÙÙ Ù٠جرد أ٠ذا٠Ù٠اÙابتداء ÙÙذا Ù٠اÙاÙتÙاء Ùا ÙÙتض٠ÙØÙÙ٠ب٠Ini adlh bid’ah, dan barangsiapa yg menyangka bahwa ni sunnah ketika selesai menguburkan, dgn mengqiyaskan adzan ketika dia lahir, dan menghubungkan akhir hidupnya dgn awalnya, maka dia telah terjatuh dlm kesalahan, apa yg mengumpulkan kedua perkara ini? kalau hanya karena ni di awal kehidupan dan itu di akhir kehidupan maka ni tak mengharuskan ni disamakan dgn itu. (Fatawa Al-Fiqhiyyah Al-Kubra 2/24).
Syeikh Al-Albany mengategorikan amalan ni di dlm bid’ah jenazah (lihat Ahkamul Janaiz hal: 217, maktabatul ma’arif), demikian pula Syeikh bin Baz (lihat Majmu’ dan Rasail beliau 10/361). Lihat jg Fatawa Al-lajnah Ad-daimah 9/72.
Pendapat yg ana kuatkan bahwa talqin tak disyari’atkan kecuali bagi orang yg mau meninggal, adapun setelah meninggal maka tak disyari’atkan karena tak ada dalil yg shahih yg menunjukkan tentangnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
ÙÙÙÙا Ù ÙتاÙÙ Ùا Ø¥Ù٠إÙا اÙÙÙTalqinlah (tuntunlah) orang yg mau meninggal (untuk mengucapkan) Laa ilaaha illallah. (HR. Muslim, dari Abu Sa’id Al-Khudry)
Berkata An-Nawawy:
Ù َعْÙَاÙُ Ù َÙْ ØَضَرَÙُ اÙْÙ َÙْت ، ÙَاÙْÙ ُرَاد Ø°َÙِّرُÙÙُ Ùَا Ø¥ِÙَ٠إِÙَّا اÙÙَّÙ ÙِتَÙُÙÙَ آخِر ÙÙا٠٠Maknanya: Orang yg sedang didatangi kematian, maksudnya: Ingatkan dia laa ilaaha illallah supaya itu menjadi akhir ucapannya. (Syarh Muslim 6/219)
Beliau shallalllahu ‘alaihi wa sallam jg bersabda :
Ù Ù Ùا٠آخر ÙÙا٠٠Ùا Ø¥Ù٠إÙا اÙÙ٠دخ٠اÙجÙØ©Barangsiapa yg ucapan terakhirnya laa ilaaha illallah maka akan masuk surga. (HR. Abu Dawud, dari Mua’dz bin Jabal, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).
Ketika paman beliau Abu Thalib mau meninggal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjenguk beliau dan menalqinnya seraya mengatakan:
أ٠عَÙ ِّ، ÙÙ Ùا Ø¥Ù٠إÙا اÙÙÙ، ÙÙÙ Ø©ً Ø£ُØَاجُّ Ù٠بÙا عÙد اÙÙÙWahai pamanku, katakanlah laa ilaaha illallahu, sebuah kalimat yg aku akan berhujjah dengannya untukmu disisi Allah. (Muttafaqun ‘alaihi).
Berkata Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin:
تÙÙÙ٠اÙÙ Ùت بعد اÙدÙÙ ÙÙ ÙØµØ Ø§ÙØدÙØ« ÙÙÙ ÙÙÙÙ٠٠٠اÙبدع Mentalqin mayit setelah dikubur tak ada hadist shahih di dalamnya, maka amalan ni termasuk bid’ah. (Asy-Syarh Al-Mumti’ 5/364).
Berkata Syeikh Shalih bin Fauzan:
أ٠ا بعد خرÙج اÙرÙØ Ùإ٠اÙÙ Ùت Ùا ÙÙÙÙ Ùا Ùب٠اÙدÙÙ ÙÙا بعد اÙدÙÙ، ÙÙÙ Ùرد بذÙ٠سÙØ© صØÙØØ© ع٠اÙÙب٠٠صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ ÙسÙÙ Ù ÙÙ٠ا ÙعÙÙ ، ÙØ¥Ù٠ا استØب تÙÙÙ٠اÙÙ Ùت بعد دÙÙ٠ج٠اعة ٠٠اÙعÙ٠اء، ÙÙÙس ÙÙ٠دÙÙ٠ثابت ع٠اÙÙب٠٠صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ ÙسÙÙ Ù Ùأ٠اÙØدÙØ« اÙÙارد ÙÙ Ø°Ù٠٠طعÙÙ Ù٠سÙدÙ، ÙعÙÙ Ùذا ÙÙÙ٠اÙتÙÙÙ٠بعد اÙدÙÙ Ùا أص٠Ù٠٠٠سÙØ© اÙرسÙ٠صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ ÙسÙÙ ، ÙØ¥Ù٠ا Ùا٠ب٠بعض اÙعÙ٠اء اعت٠ادًا عÙÙ ØدÙØ« غÙر ثابت .
ÙاÙتÙÙÙ٠بعد اÙدÙÙ Ùا أص٠ÙÙ Ù٠اÙسÙØ©، ÙØ¥Ù٠ا اÙتÙÙÙ٠اÙ٠شرÙع Ù٠عÙد اÙاØتضار، ÙØ£ÙÙ Ù٠اÙØ°Ù ÙÙÙع اÙÙ Øتضر ÙÙعÙÙ٠اÙÙ Øتضر ÙØ£Ù٠٠ازا٠عÙÙ ÙÙد اÙØÙاة ÙÙستطÙع اÙÙط٠بÙذ٠اÙÙÙÙ Ø© ÙÙÙ Ùا Ùزا٠Ù٠دار اÙع٠Ù، أ٠ا بعد اÙÙ Ùت ÙÙد اÙتÙ٠اÙع٠٠. Adapun setelah keluarnya nyawa maka mayit tak ditalqin, apakah sebelum dikuburkan / setelahnya, dan setahu kami tak ada hadist yg shahih dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dlm permasalahan ini. Hanya saja sebagian ulama menganjurkannya setelah mayit dikubur, tapi mereka tak memiliki dalil yg tetap dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena hadist yg mereka jadikan dalil ada pembicaraan dlm sanadnya, oleh karena itu talqin setelah mayit dikuburkan adlh tak ada asalnya dari sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, hanya sebagian ulama menganjurkan karena berpegang pd hadist yg tak tetap.
Jadi talqin setelah penguburan tak ada asalnya di dlm sunnah, dan talqin yg disyariatkan adlh ketika mau meninggal, karena itulah yg bermanfaat bagi orang yg mau meninggal dan bisa dia pahami sebab dia masih hidup dan mampu mengucapkan kalimat ini, dan dia masih di negeri amal, adapun setelah mati maka amal sudah selesai (Al-Muntaqa min Fatawa Al-fauzan no: 131).
Wallahu a’lam.
Ustadz Abdullah Roy, Lc.
Sumber: tanyajawabagamaislam.blogspot.com
Kata Kunci Terkait:surga, bagaimana, hutang mayat sunnah, hukum mentalqin jenazah, buku mengenai haram talqin mayat, orang mati di adzani, isa, mengubur mayit harus di adzani, talkin mayat menurut hadish shahih, hadits tentang adzan bagi jenaza
source : http://log.viva.co.id, http://kismiwati.blogspot.com, http://okezone.com
0 Response to "Hukum talqin Bagi Bayi dan Orang Yg Meninggal"
Post a Comment