This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Berfikir Sejenak Lebih Baik dari Ibadah 70 Tahun, Hadits Apa Bukan?

lusihkas.blogspot.com - >> Backy El-bany
Sy prnah mmbca sbuah buletin salaf yg prnah mnybutkan bhwa ppatah "berfkir sjnak lbih baik dri pda bribdah 60 th." trxata bukan hadis. Tpi hax sbuah pri bhasa ulama trdhulu. Hal trsbut mnimbulkan sbuah prtaxaan dlm bnak sy,
Pertanyaan: apkah bnar ppatah trsbut bkn hdis? Jka mmang bkn hdis, ap kta hrus mngumum kan pda smua orng. Mngingt pptah it olh orng2 d nggap hdis?


Jawaban:
== Ibnu Hasyim Alwi
Tafakkaru Sa’atan afdhalu min ‘ibadati sittina sanah (berfikir sesaat lebih baik daripada ibadah 60 tahun). Hadis ni diriwayatkan oleh Imam Ahmad, dari Imam Dafr bin Ali dari Imam Abu Bakar bin Muhammad bin Ali dari Imam Muhammad bin Ahmad bin Abdurrahman, dari Imam Muhammad bin Hibban, dari Abdullah bin Muhammad bin Zakariya, dari Utsman bin Abdillah al-Qurasyi, dari Ishaq bin Nâjih al- Malâthî, dari Imam ‘Atha’ al- Khurasani, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah SAW.
== Muqit Ismunoer
ﻭﻳﻌﺮﻑ ﺍﻟﻮﺿﻊ ﺑﺎﻟﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﻣﺘﻨﻪ ﺑﺄﻣﻮﺭ ﻣﻨﻬﺎ ﺭﻛﺎﻛﺔ ﺃﻟﻔﺎﻇﻪ ) ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺒﻠﻘﻴﻨﻲ ﻭﺷﺎﻫﺪ ﻫﺬﺍ ﺃﻥ ﺇﻧﺴﺎﻧﺎ ﻟﻮ ﺧﺪﻡ ﺇﻧﺴﺎﻧﺎ ﺳﻨﻴﻦ ﻭﻋﺮﻑ ﻣﺎ ﻳﺤﺐ ﻭﻣﺎ ﻳﻜﺮﻩ ﻓﺎﺩﻋﻰ ﺇﻧﺴﺎﻥ ﺃﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻳﻜﺮﻩ ﺷﻴﺌﺎ ﻳﻌﻠﻢ ﺫﻟﻚ ﺃﻧﻪ ﻳﺤﺒﻪ ﻓﺒﻤﺠﺮﺩ ﺳﻤﺎﻋﻪ ﻳﺒﺎﺩﺭ ﺇﻟﻰ ﺗﻜﺬﻳﺒﻪ . ﻭﻗﻴﻞ ﺇﻥ ﺍﻟﻤﺪﺍﺭ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻛﺔ ﻋﻠﻰ ﺭﻛﺔ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ، ﻭﺍﻟﻘﻮﻝ ﻫﺬﺍ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻲ ﻏﺎﻟﺐ ﺍﻟﺤﺎﻝ ﻷﻥ ﺭﻛﺔ ﺍﻟﻠﻔﻆ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻛﺎﻧﺖ ﻣﻮﺟﻮﺩﺓ ﻭﻣﻊ ﺫﻟﻚ ﻻ ﻳﻤﻜﻦ ﺣﺪﻭﺛﻪ ﻣﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﺃﻓﺼﺢ ﻣﻦ ﻧﻄﻖ ﺑﻠﻐﺔ ﺍﻟﻀﺎﺩ ﻭﺭﻛﺔ ﺍﻟﻠﻔﻆ ﻓﻘﻂ ﻓﻼ ﺗﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻮﺿﻊ ﻻﺣﺘﻤﺎﻝ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺭﻭﺍﻩ ﺑﺎﻟﻤﻌﻨﻰ ﻓﻐﻴﺮ ﻟﻔﻈﻪ ﺑﻐﻴﺮ ﻓﺼﻴﺢ ﻭﺇﻥ ﺻﺮﺡ ﺑﺄﻧﻪ ﻣﻦ ﻟﻔﻆ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻜﺎﺫﺏ (ﻭﻓﺴﺎﺩ ﻣﻌﻨﺎﻩ ) ﻭﻛﺄﻥ ﻳﻔﺮﻁ ﺑﺎﻟﻮﻋﻴﺪ ﺍﻟﺸﺪﻳﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﻣﺮ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﺃﻭ ﺍﻟﻮﻋﺪ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﺍﻟﺤﻘﻴﺮ. ﻭﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﺣﺪﻳﺚ ﻣﻦ ﻓﺮﺡ ﺑﺪﺧﻮﻝ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺣﺮﻡ ﺍﻟﻠﻪ ﺟﺴﺪﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﻴﺮﺍﻥ ﻭﺣﺪﻳﺚ ﺇﻥ ﻟﻠﻪ ﻣﻠﻜﺎ ﺍﺳﻤﻪ ﻋﻤﺎﺭﺓ ﻋﻠﻰ ﻓﺮﺱ ﻣﻦ ﺣﺠﺎﺭﺓ ﺍﻟﻴﺎﻗﻮﺕ ﻃﻮﻟﻪ ﻣﺪ ﺑﺼﺮﻩ ﻳﺪﻭﺭ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻠﺪﺍﻥ ﻭﻳﻘﻒ ﻓﻲ ﺍﻷﺳﻮﺍﻕ ﻓﻴﻨﺎﺩﻱ ﺃﻻ ﻟﻴﻐﻞ ﻛﺬﺍ ﻭﻛﺬﺍ ﺃﻻ ﻟﻴﺮﺧﺺ ﻛﺬﺍ (ﻭﻛﺬﺍ ﻣﺨﺎﻟﻔﺔ ﻟﻤﺎ ﺛﺒﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ) ﻷﻥ ﻣﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﺘﺐ ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﻭﺣﻲ ﻓﻼ ﻳﻤﻜﻦ ﻭﺟﻮﺩ ﺍﻻﺧﺘﻼﻑ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺣﻲ ﻷﻥ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺃﻣﺎﺭﺍﺕ ﺍﻟﻌﺠﺰ ﻭﻫﻮ ﻣﺤﺎﻝ
Sedikit kesimpulan dr ibarat di atas, kurang lebihnya seperti di bawah ni >>>>
Kemawdlu'an Hadits dpt diketahui dgn :
1. Lafadz-lafadz hadits tak sesuai dgn ilmu Gramatika Arab sehingga tak layak keluar dari orang yg fasih dlm bahasa apalagi dari Nabi.
2. Mengandung ancaman yg sangat besar atas sesuatu yg sangat ringan / janji yg besar terhadap pengamalan yg sederhana.
Dan kita Tidak boleh langsung meyakini bahwa itu hadist benar- benar dari Rasulullah, tapi cukup demi alasan hati-hati. Artinya berpandangan bahwa jangan-jangan itu memang benar dari Rasulullah s.a.w. (Taisir Mustolah Hadist: karya Ibnu Solah: hal 34).

other source : http://slideshare.net, http://tribunnews.com, http://ilmu-syariat-mdm.blogspot.com

0 Response to "Berfikir Sejenak Lebih Baik dari Ibadah 70 Tahun, Hadits Apa Bukan?"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *